Jangan Sampai Ketinggalan! 10 Makanan Khas Bandung yang Harus Kamu Coba

Jangan Sampai Ketinggalan! 10 Makanan Khas Bandung yang Harus Kamu Coba
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jangan Sampai Ketinggalan! 10 Makanan Khas Bandung yang Harus Kamu Coba

Bandung, kota yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah menarik. Jika kamu berkunjung ke Bandung, jangan sampai ketinggalan mencoba makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera. Berikut ini adalah 10 makanan khas Bandung yang harus kamu coba!

1. Surabi
Surabi adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal. Terbuat dari adonan tepung beras yang dituangkan ke dalam cetakan khusus, surabi memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Kamu bisa menemukan surabi di berbagai tempat makanan di Bandung, namun yang paling terkenal adalah Surabi Enhaii yang terletak di Jalan Riau.

Oleh oleh Khas Bandung

2. Batagor
Batagor merupakan kepanjangan dari bakso tahu goreng. Makanan ini terdiri dari bola-bola bakso ikan yang digoreng dan disajikan dengan tahu, lalu ditambahkan dengan saus kacang yang gurih. Kamu bisa menemukan batagor di gerai-gerai pinggir jalan atau restoran-restoran tertentu di Bandung.

3. Cireng
Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bumbu dan digoreng hingga matang. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang pedas atau kecap manis. Kamu bisa menemukan cireng di banyak tempat makanan di Bandung, salah satunya adalah Cireng Cipaganti yang terletak di Jalan Cipaganti.

4. Nasi Timbel
Nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan bakar, ayam goreng, dan sambal terasi. Rasanya yang gurih dan aroma daun pisang yang khas membuat nasi timbel menjadi hidangan yang sangat lezat. Kamu bisa menemukan nasi timbel di warung-warung makanan di Bandung, seperti Warung Nasi Timbel Bawean yang terletak di Jalan Bawean.

Makanan Khas Bandung

5. Mie Kocok
Mie kocok adalah hidangan mie kuah khas Bandung yang terbuat dari mie kuning yang direbus dan disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Di dalam mie kocok biasanya ditambahkan dengan tauge, daging sapi rebus, dan pangsit. Kamu bisa menemukan mie kocok di banyak tempat makanan di Bandung, salah satunya adalah Mie Kocok Mang Dadeng yang terletak di Jalan R.E. Martadinata.

6. Cendol
Cendol adalah minuman segar yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air kelapa dan gula merah cair. Minuman ini biasanya disajikan dengan es serut dan santan kelapa. Rasanya yang manis dan segar membuat cendol menjadi minuman yang cocok untuk melepas dahaga di cuaca panas Bandung. Kamu bisa menemukan cendol di banyak tempat makanan di Bandung, salah satunya adalah Cendol Durian Riau yang terletak di Jalan Riau.

7. Soto Bandung
Soto Bandung adalah hidangan sup daging khas Bandung yang terbuat dari kaldu sapi yang gurih dan daging sapi yang empuk. Biasanya disajikan dengan mie, tauge, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Kamu bisa menemukan soto Bandung di warung-warung makanan di Bandung, seperti Soto Bandung Garasi yang terletak di Jalan Garasi.

Tempat Makanan di Bandung

8. Colenak
Colenak adalah makanan penutup khas Bandung yang terbuat dari ketan yang dipanggang dengan parutan kelapa dan ditambahkan dengan saus gula merah. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat colenak menjadi camilan yang sangat nikmat. Kamu bisa menemukan colenak di banyak tempat makanan di Bandung, salah satunya adalah Colenak Bu Eha yang terletak di Jalan Cilaki.

9. Bubur Ayam
Bubur ayam adalah hidangan bubur dengan campuran daging ayam yang direbus dan disajikan dengan bumbu dan pelengkap seperti kerupuk, suwiran ayam, dan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan hangat membuat bubur ayam menjadi sarapan yang sempurna di pagi hari. Kamu bisa menemukan bubur ayam di banyak tempat makanan di Bandung, salah satunya adalah Bubur Ayam Mang Oyo yang terletak di Jalan R.E. Martadinata.

Baca Juga: Mudah dan Seru Temukan Menu Terbaik dengan Aplikasi Daftar Menu Restoran

10. Peuyeum
Peuyeum adalah makanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat peuyeum menjadi camilan yang unik dan lezat. Kamu bisa menemukan peuyeum di banyak tempat oleh-oleh khas Bandung, salah satunya adalah Pasar Baru Trade Center.

Itulah 10 makanan khas Bandung yang harus kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Jangan sampai ketinggalan mencicipi kelezatan kuliner Bandung yang menggugah selera ini. Selamat menikmati!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top